Blog Ipit Kalamintoena

RAFFLESIA TIK BAES

Rafflesia Tik Baes

Jenis
: Gadutensis (Belum Pernah Dinyatakan Secara Resmi)
Diameter Terbesar
: 82 cm (Mekar Februari 2016)
Diameter Terkecil
: 63 cm (Mekar Agustus 2016)
Habitat
: Spot 2 Wisata Alam Tik Baes

  Jalur II Selendang Pertapa
  Dusun IV Desa Kuro Tidur, Kec. Arga Makmur
  Kabupaten Bengkulu Utara

Salah satu spot yang ada di Wisata Alam Tik Baes adalah habitat puspa langka Rafflesia. Menurut penggiat Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Kabupaten Bengkulu Utara yang pernah mengunjungi habitat Rafflesia Tik baes, bang Bara, bang Firman,  dan bang Diki, ditilik dari penampilannya, corak, bercak (totol hitam) dan gestur tumbuhnya, Rafflesia Tik Baes berjenis Gadutensis.

Masih menurut kakak-kakak KPPL, Rafflesia Gadutensis pernah dikabarkan tumbuh di provinsi Sumatera Barat dan beberapa provinsi lain di hutan tropis pulau Sumatera, namun kemudian hilang dan tidak pernah lagi terdengar kabarnya.

Diprovinsi Bengkulu sendiri, selain di Bengkulu Utara (Tebing Kaning, Talang Rais, Kemumu, dan Kuro Tidur), Rafflesia Gadutensis juga tumbuh di kabupaten Seluma, Kaur dan Bengkulu tengah.

Untuk saat ini, Strategi dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK) yang telah disusun oleh Badan Konservasi Sumberdaya Alam Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu, beberapa perwakilan dinas/instansi, komunitas, universitas serta tokoh masyarakat maka empat jenis bunga Rafflesia yang ada di provinsi Bengkulu yaitu:
  1. Rafflesia Arnoldi,
  2. Rafflesia Gadutensis,
  3. Rafflesia Haselti, dan
  4. Rafflesia Bengkuluensis
Bersama tujuh jenis Rafflesia lainnya di Indonesia dinyatakan sebagai bunga yang dilindungi. SRAK ini diputuskan bersama pada tahun 2015 dan berlaku hingga tahun 2025. Sehingga, Rafflesia Kemumuensis yang habitatnya berada di wisata alam desa Kemumu belum termasuk saat pembahasan kala itu, namun, sudah selayaknya kita menjaga kelestarian seluruh puspa langka Rafflesia yang menjadi kebanggan Provinsi Bengkulu tersebut.


Salam Margapala,
Menuju Alam Lestari..

Bagikan di Google Plus

About Tun Sadei

Anggota KPA Margapala Sejak Juli 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Kepedulianyya