Blog Ipit Kalamintoena

CAGAR RAFFLESIA MARGAPALA


Terletak di kawasan Hutan Kelola Masyarakat (HKM) desa Senali, habitat Rafflesia yang terjaga baik diatas tanah seluas lebih kurang setengah hektar, keeksotisan rafflesia gantung dapat disaksikan di sini bila anda beruntung.

Jalur III Puspa, merupakan jalur wisata yang mengantarkan kita ke Cagar Rafflesia Margapala (CRM) lebih kurang satu jam perjalanan dengan jalan kaki dan dua puluh menit dengan kendaraan roda dua yang sudah dipersiapkan untuk menempuh medan berat.

Ada tiga spot Rafflesia disini, salah satunya spot Rafflesia Gantung yang pada tahun 2016 berhasil memekarkan tiga kuntum rafflesia gantung, satu spot lagi pernah dilaporkan memekarkan rafflesia mini dengan diameter hanya 15 cm, dan satu spot lagi belum pernah berhasil memekarkan bunga rafflesia.

Keberadaan habitat rafflesia ini pertama kali diceritakan oleh Ervan, warga senali penggarap HKM yang berbatasan langsung dengan CRM, dan saat ini ditunjuk oleh KPA Margapala sebagai juru kunci CRM. Namun, sejak bulan september 2016 tidak pernah lagi dilaporkan kemekaran sang puspa langka di habitatnya ini.

Bagikan di Google Plus

About Tun Sadei

Anggota KPA Margapala Sejak Juli 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Kepedulianyya